Ulas Tuntas SKPI Unsyiah
April 06, 2017
Perkembangan masyarakat
dan dunia kerja pada era global menuntut sumber daya manusia yang makin
kompetitf.Oleh karena itu,sesuai dengan visi dan misi, Universitas Syiah Kuala
(selanjutnya disingkat Unsyiah) memandang perlu untuk menghasilkan lulusan yang
berkualitas, baik dalam bidang hard
skills maupun soft skills. Dalam
proses pembelajaran, Unsyiah mendorong mahasiswa se-optimal mungkin untuk
menggali pengalaman dari kegiatan kemahasiswaan agar memiliki nilai lebih.
Untuk itu, Unsyiah perlu menghargai setiap ekstrakurikuler dan nonkurikuler
dalam bentuk pemberian satuan kredit prestasi, seperti halnya pemberian satuan
kredit semester pada kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler.
Pemberlakuan Surat
Keterangan Pendamping Ijazah(SKPI) bertujuan (a) meningkatkan partisipasi
mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan; (b) meningkatkan kemampuan
kepemimpinan, kerjasama, dan komunikasi mahasiswa; (c) memberikan pengakuan dan
penghargaan terhadap aktivitas pembelajaran dan prestasi mahasiswa di luar
kegiatan kurikuler; (d) mengetahui semua aktivitas yang pernah diikuti dan semua
prestasi yang pernah diperoleh setiap mahasiswa selama menempuh pendidikan di
Unsyiah; dan (e) menyediakan dokumen yang disertai bukti-bukti otentik tentang
segala aktivitas dan semua prestasi tersebut yang penting bagi pemangku
kepentingan ketika memasuki dunia kerja.
Dalam rangka
pemberlakuan SKPI tersebut, diperlukan pedoman pelaksanaannya yang mengatur
kegiatan mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan soft skills melalui kegiatan ekstrakurikuler dan nonkurikuler. Hal
ini dimaksudkan untuk (a) memberi panduan dalam melakukan kegiatan
ekstrakurikuler dan nonkurikuler;(b) memberi panduan dalam penilaian kegiatan
ekstrakurikuler dan nonkurikuler mahasiswa; dan (c) menetapkan besaran satuan
kredit prestasi yang akan diakumulasikan dalam SKPI bagi setiap mahasiswa.
SISTEM
PENYELENGGARAAN KEGIATAN KEMAHASISWAAN
Visi Universitas Syiah Kuala
Visi Universitas Syiah Kuala adalah menjadi
universitas yang inovatif, mandiri, dan terkemuka dalam pengembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, humaniora, olahraga, dan seni sehingga menghasilkan
lulusan berkualitas yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika.
Misi Universitas Syiah
Kuala
Misi Universitas Syiah Kuala adalah
sebagai berikut :
(1) Menyelenggarakan
tridarma perguruan tinggi untuk mendukung pembangunan daerah, nasional, dan
internasional berbasis sumberdaya lokal.
(2) Meningkatkan
kualitas akademik untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.
(3) Menerapkan
manajemen mutu terpadu dibidang pendidikan melaluipenerapan prinsip
transparansi, partisipatif, efisien, dan produktif.
(4) Memperkuat
dan memperluas jaringan kerjasama institusional dalam rangka mengembangkan dan
melestarikan temuan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, olahraga dan seni.
(5) Mewujudkan
universitas yang mandiri.
Tujuan Universitas Syiah Kuala
Tujuan Universitas Syiah Kuala
Tujuan Universitas Syiah Kuala adalah
sebagai berikut :
(1) Menjadi
universitas yang bermutu di bidang pendidikan, penelitian,dan pengabdian kepada
masyarakat.
(2) Menghasilkan
lulusan berkualitas yang mampu mengaplikasikanilmu pengetahuan dan teknologi
dalam memecahkan masalah-masalahkekinian yang muncul dalam masyarakat
denganmengedepankan nilai-nilai kemanusiaan, keimanan dan ketaqwaan.
(3) Memberikan
pelayanan yang maksimal bagi seluruh stakeholder.
(4) Menjadi
universitas yang akuntabel mencirikan goodgovernance.
(5) Menjadi
partner in progress bagi pembangunan daerah, nasionaldan internasional.
(6)
Menjadi universitas mandiri.
Kebijakan dan Pola Pengembangan Kemahasiswaan Universitas Syiah Kuala
Pendidikan tinggi
bertujuan untuk (1) menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang
memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan,mengembangkan,
dan/atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian;
dan (2) mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau
kesenian serta mengupayakan penggunaannyauntuk meningkatkan taraf kehidupan
masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Paradigma baru dalam
penyelenggaraan pendidikan tinggi menekankan pada kemampuan mengembangkan daya
saing bangsa serta kemampuan menerapkan otonomi dengan transparansi dan
akuntabilitas sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik.Lembaga
pendidikan tinggi harus mampu menjadi pencipta IPTEK dan perencana strategis
dengan pendekatan daya saing komparatif dan kompetitif.
Mahasiswa
sebagai generasi muda memiliki potensi untuk senantiasa mengembangkan pemikiran
dan sikap kritis, dinamis dan idealis. Sebagai aset nasional, mahasiswa perlu
diberi peluang seluas-luasnya untuk mengaktualisasikan diri agar dapat
berkembang menjadi manusia yang cerdas, berwawasan luas,terampil, menguasai
ilmu pengetahuan dan teknologi, beriman, dan bertaqwa,serta memiliki tanggung
jawab keilmuan, yang tinggi dalam pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan
negara Indonesia. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan tidak hanya menekuni
dalam bidang ilmunya saja (hard skill),melainkan
juga beraktivitas untuk mengembangkan kemampuan soft skillseperti cinta almamater.
Universitas
Syiah Kuala sebagai salah satu perguruan tinggi berkewajiban mengembangkan dan
memfasilitasi tidak saja kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler, tetapi juga
kegiatan ekstrakurikuler dan nonkurikuler. Unsyiah perlu mendeskripsikan sejumlah
orientasi aktivitas kemahasiswaan di Unsyiah, yaitu (1) meningkatkan
partisipasi mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan; (2) tercapainya prestasi
program kemahasiswaan di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional;
(3) terbangunnya organisasi kemahasiswaan yang mantap dan kondusif untuk
pengembangan jiwa kepemimpinan; serta (4) terjaminnya kesejahteraan mahasiswa
secara menyeluruh dan berkeadilan. Unsyiah mengkategorikan kegiatan
kemahasiswaan ke dalam bidang kegiatan organisasi dan kepemimpinan; bidang
kegiatan minat, bakat dan kegemaran; bidang kegiatan penalaran dan keilmuan;
bidang kegiatan kepedulian sosial; serta bidang kegiatan lainnya. Serangkaian
kegiatan terstruktur yang diselenggarakan Biro Kemahasiswaan dan Alumni atau
Subbag Kemahasiswaan dan Alumni di lingkungan Universitas Syiah Kuala bertujuan
membantu memberi wawasan cinta almamater serta kemampuan soft skill kepada mahasiswa sehingga lulusan Unsyiah menjadi
lulusan berwawasan, dapat bekerja dalam tim, penuh inisiatif, kreatif,
inovatif, mandiri,bekerja secara cermat, semangat, penuh tanggung jawab,
bermoral,gigih, dan penuh percaya diri.
Sebagai
upaya untuk memberikan apresiasi bagi mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan
kemahasiswaan akan diberikan transkripberisi nilai kreditprestasi. Nilai kredit
prestasi dinyatakan dalam satuan kredit prestasiyang diberi namaSKP.
Fasilitas Kegiatan Kemahasiswaan
Untuk mewujudkan SKPI yang bernas, di
Unsyiah tersedia prasarana dan saranasebagai berikut:
(1)
Ruang Kuliah;
(2)
Ruang Laboratorium/Praktikum;
(3)
Perpustakaan;
(4)
Gedung Gelanggang Mahasiswa;
(5)
Gedung Serba Guna AAC;
(6)
Gedung Olah Raga (GOR);
(7)
Wisma Tamu;
(8)
Lapangan Basket, Tenis Lapangan, dan Futsal;
(9)
Lapangan Volley;
(10)
Area Panjat Tebing;
(11)
Asrama mahasiswa;
(12)
Gedung Pusat Layanan Kesehatan;
(13)
Transportasi (Bus Kampus Flash);
(14)
Masjid dan Musholla.
(15) Dsb.
Program Kegiatan Kemahasiswaan dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah
(1)
Program Kegiatan Kemahasiswaan
Program
kegiatan kemahasiswaan di Unsyiah disusun mengikuti kalender kegiatan yang
diselenggarakan oleh Kemenristekdikti dan kegiatan pengembangan internal
Unsyiah.Kegiatan kemahasiswaan Unsyiah adalah segala aktivitas ekstrakurikuler
dan nonkurikuler yang memperoleh izin dari Rektor Unsyiah, atau pejabat yang
diberi wewenang oleh Rektor Unsyiah, serta tidak bertentangan dengan peraturan
perundang-undangan, norma agama, dan norma kesusilaan. Kegiatan ekstrakurikuler
dan nonkurikuler dimaksud meliputi kegiatan dalambidang kegiatan organisasi dan
kepemimpinan; bidang kegiatan minat, bakat dan kegemaran; bidang kegiatan
penalaran dan keilmuan; bidang kegiatan kepedulian sosial; serta bidang
kegiatan lain. Organisasi kemahasiswaan (ormawa) Unsyiah adalah organisasi
mahasiswa yang dibentuk dari, oleh, dan untuk mahasiswa pada tingkat
universitas, fakultas, dan jurusan/program studi didalam kampus yang merupakan
wahana pengembangan diri mahasiswa kearah perluasan wawasan dan peningkatan
kecendekiawanan serta integritas kepribadian untuk mencapai tujuan perguruan
tinggi.
(2)Pencatatan
Kegiatan Kemahasiswaan
Pencatatan
kegiatan kemahasiswaan diatur sedemikian rupa melalui peraturan Rektor.Pencatatan
hasil kegiatan kemahasiswaan dijelmakan dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah, yang disingkat SKPI.
(3)
Pengertian Surat Keterangan Pendamping Ijazah
Surat Keterangan Pendamping Ijazah(SKPI)
adalah transkrip untuk menyatakan pengakuan prestasi pengembangan soft kills kemahasiswaan dengan beban
kegiatan mahasiswa yang dinyatakan dalam satuan
kredit prestasi (skp).
(4)
Pengertian Satuan Kredit Prestasi
Satuan
kredit prestasi adalah nilai kredit yang ditetapkan sebagai penghargaan kepada
mahasiswa setelah mengikuti kegiatan kemahasiswaan.
(5)
Tujuan Surat Keterangan Pendamping Ijazah
Tujuan
penetapan Surat Keterangan Pendamping Ijazah di Unsyiah untuk:
a. Meningkatkan
partisipasi mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan;
b. Meningkatkan
kemampuan soft skills mahasiswa;
c. Memberikan
pengakuan dan atau penghargaan terhadap aktivitas pembelajaran dan prestasi
mahasiswa diluar kegiatan kurikuler;
d. Mengetahui
semua aktivitas yang pernah diikuti dan semua prestasi yang pernah diperoleh
setiap mahasiswa selama menempuh pendidikan di unsyiah;
e. Menyediakan
dokumen yang disertai bukti-bukti otentik tentang segala aktivitas dan semua
prestasi tersebut yang penting bagi penerima lulusan ketika memasuki dunia
kerja.
(6)
Karakteristik Surat Keterangan Pendamping Ijazah
Surat
Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) memiliki karakteristik sebagai berikut:
a. Setiap kegiatan kemahasiswaan memiliki satuan
kredit prestasi (skp) yang berlainan tergantung pada bobot kegiatan yang
diikuti.
b.
Besaran satuan kredit prestasi untuk masing-masing kegiatan kemahasiswaan
ditentukan atas besarnya usaha untuk mengikuti aktivitas yang diperoleh dalam
bidang-bidang kegiatan kemahasiswaan.
7)
Kedudukan dan Distribusi Nilai Kegiatan Satuan Kredit Prestasi
a. Kedudukan
Nilai SKPI
merupakan akumulasi nilai kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan nonkurikuler
yang dinyatakan dalam bentuk skp pada akhir masa studi.Nilai pada SKPI dapat
merupakan prasyarat untuk mengikuti wisuda serta bersama-sama dengan Transkrip Akademik dipakai sebagai
dasar penilaian wisudawan terbaik.
b. Distribusi
Nilai SKPI
Distribusi nilai
SKPI terdiri atas kegiatan wajib universitas dan fakultas masing-masing sebesar
10 skp.
8)
Beban perolehan skp
a.
Mahasiswa
Unsyiah sejak semester pertama harus memperoleh nilai minimum20 skp.
b.
Mahasiswa
pindahan atau alih jenjang (dari luar Universitas Syiah Kuala) juga harus memperoleh
20 skp wajib dimaksud.
KEGIATAN
KEMAHASISWAAN DAN
SURAT
KETERANGAN PENDAMPING IJAZAH
Pelaksanaan Kegiatan
Kemahasiswaan
(1) Pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan sesuai
kalender akademik Unsyiah, yang dibagi menjadi 2 (dua) semester.
a. Semester gasal
(I,III,V,VII): September – Februari.
b.Semester genap (II,
IV, VI, VIII): Maret—Juli dan semester antara Agustus.
(2) Pelaksanaan didasarkan didasarkan
pada SOP yang dibuat oleh Biro Kemahasiswaan.
(3) Setiap mahasiswa harus mengikuti kegiatan
wajib universitas.
(4) Setiap mahasiswa wajib memiliki
nilai dalam kegiatan bidang organisasi dan kepemimpinan; dan kegiatan bidang penalaran
dan keilmuan.
Evaluasi Hasil Kegiatan Kemahasiswaan
Sistem penilaian kegiatan kemahasiswaan didasarkan
pada bidang-bidang berikut:
(1)
Bidang Kegiatan Organisasi dan
Kepemimpinan
Penilaian
untuk bidang organisasi dan kepemimpinan terdiri atas penilaian keaktifan dalam
kepengurusan ormawa.
(2)
Bidang Kegiatan Penalaran dan Keilmuan
Penilaian
untuk bidang penalaran dan keilmuan terdiri atas:
a. Penilaian
dalam memperoleh lomba karya tulis ilmiah;
b. Penilaian
dalam memperoleh prestasi kegiatan kreatifitas dan inovasi mahasiswa;
c. Penilaian
dalam kegiatan forum ilmiah (seminar, workshop, kuliah tamu, penelitian,
memberikan pelatihan, dan lain-lain);
d. Penilaian
dalam kegiatan yang menghasilkan karya ilmiah dan/atau karya tulis populer,
baik yang dipublikasikan maupun yang tidak dipublikasikan; dan
e. Penilaian
dalam kompetisi ilmiah nonkarya tulis (mawapres, debat mahasiswa, dsb.)
(3)
Bidang Kegiatan Minat, Bakat dan
Kegemaran
Penilaian untuk bidang minat dan bakat terdiri atas:
a. Penilaian
dalam hal keaktifan sebagai pengurus atau anggota unit kegiatan mahasiswa (UKM);
dan
b. Penilaian
dalam memperoleh prestasi kegiatan minat dan bakat.
(4)
Bidang Kegiatan Kepedulian Sosial
Penilaian untuk bidang kepedulian sosial terdiri atas
:
a. Penilaian
keaktifan dalam kepedulian sosial; dan
b. penilaian
partisipasi dan aktivitas lain di bidang sosial.
(5) Bidang
Kegiatan Lainnya
Penilaian
untuk bidang kegiatan yang tidak termasuk kegiatan tersebut diatas.
Predikat
Kriteria
predikat pada transkrip SKPI sebagai berikut:
(1) Sangat Baik,
apabila mahasiswa mengumpulkan lebih dari 201 skp;
(2) Baik,
apabila mahasiswa mengumpulkan nilai 101 skp samapi dengan 200 skp;
(3) Cukup,
apabila mahasiswa mengumpulkan nilai 20 skp sampai dengan 100 skp;
Penilaian dan Validasi
Penilaian dan
validasi dilakukan pada saat mahasiswa yang bersangkutan mengajukan bukti
keikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan nonkurikuler pada setiap akhir
semester dengan menggunakan formulir yang telah ditentukan.
Nilai kegiatan kemahasiswaan dinyatakan
valid apabila bukti keikutsertaan ditandatangani oleh salah satu pihak berikut:
(1)
Panitia atau institusi penyelenggara
kegiatan kemahasiswaan;
(2)
Dosen Pembina UKM untuk kegiatan
kemahasiswaan yang terkait dengan UKM;
(3)
Ketua jurusan/program studi untuk
kegiatan kemahasiswaan yang dilaksanakan pada tingkat jurusan/program studi;
(4)
Dekan atau Wakil Dekan untuk kegiatan
kemahasiswaan yang dilaksanakan pada tingkat fakultas;
(5)
Rektor atau Wakil Rektor untuk kegiatan
kemahasiswaan yang dilaksanakan pada tingkat universitas.
Bukti-Bukti Kegiatan Kemahasiswaan
Penilaian skp dilakukan berdasarkan
bukti-bukti sebagai berikut:
(1)
Sertifikat/Piagam/Piala/Medali/Vandel
atau bentuk penghargaan lain;
(2)
Surat Keputusan/Surat Tugas/Surat Ijin;
(3)
Daftar hadir (untuk kegiatan reguler);
(4)
Karya nyata dan atau dokumentasinya.
Kehadiran Mahasiswa dalam Kegiatan Kemahasiswaan Rutin Terjadwal
(1)
Mahasiswa harus mengisi daftar hadir
sesuai dengan jadwal pada setiap kegiatan ekstrakurikuler yang di ikuti.
(2)
Kehadiran mahasiswa paling sedikit 75%
(tujuh puluhlimapersen).
3.7. Kegiatan
Berikut Bobot serta Dasar Penilaian Satuan Kredit Prestasi Mahasiswa
Tabel
1. Kegiatan Wajib
No.
|
Kegiatan
|
Partisipasi
dan/Prestasi yang diperoleh
|
Bobot skp
|
Dasar
Penilaian
|
1.
|
Pakarmaru*
Universitas
|
Peserta
|
10
|
Sert/SK
|
2.
|
Pakarmaru*
Lanjutan
|
Peserta
|
10
|
Sert/SK
|
3.
|
Tabel
2. Kegiatan Bidang Organisasi dan Kepemimpinan
No.
|
Kegiatan
|
Tingkat
|
Jabatan
|
Bobot skp
|
Dasar
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1.
|
Pengurus
Organisasi
Intrakampus
|
Internasional
|
Ketua
|
30
|
Sert/
SK /SP
|
Wakil
Ketua
|
25
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Sekretaris
|
25
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Wakil
Sekretaris
|
12
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Bendahara
|
25
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Wakil
Bendahara
|
12
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Ketua
Seksi
|
12
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Anggota
Pengurus
|
10
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Nasional
|
Ketua
|
25
|
Sert/
SK /SP
|
||
Wakil
Ketua
|
20
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Sekretaris
|
20
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Wakil
Sekretaris
|
10
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Bendahara
|
20
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Wakil
Bendahara
|
10
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Ketua
Seksi
|
10
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Anggota
Pengurus
|
7
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Daerah/Regional
|
Ketua
|
20
|
Sert/
SK /SP
|
||
Wakil
Ketua
|
17
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Sekretaris
|
17
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Wakil
Sekretaris
|
8
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Bendahara
|
17
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Wakil
Bendahara
|
8
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Ketua
Seksi
|
8
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Anggota
Pengurus
|
6
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Universitas
|
Ketua
|
20
|
Sert/
SK /SP
|
||
Wakil
Ketua
|
15
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Sekretaris
|
15
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Wakil
Sekretaris
|
7
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Bendahara
|
15
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Wakil
Bendahara
|
7
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Ketua
Seksi
|
7
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Anggota
Pengurus
|
5
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Fakultas
|
Ketua
|
17
|
Sert/
SK /SP
|
||
Wakil
Ketua
|
12
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Sekretaris
|
12
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Wakil
Sekretaris
|
6
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Bendahara
|
12
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Wakil
Bendahara
|
6
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Ketua
Seksi
|
6
|
Sert/
SK /SP
|
|||
1
|
Anggota
Pengurus
|
4
|
Sert/
SK /SP
|
||
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
Jurusan/
|
Ketua
|
15
|
Sert/
SK /SP
|
||
Program
|
Wakil
Ketua
|
10
|
Sert/
SK /SP
|
||
Studi
|
Sekretaris
|
10
|
Sert/
SK /SP
|
||
Wakil
Sekretaris
|
5
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Bendahara
|
10
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Wakil
Bendahara
|
5
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Ketua
Seksi
|
5
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Anggota
Pengurus
|
3
|
Sert/
SK /SP
|
|||
2.
|
Pengurus
Organisasi Ekstrakampus
|
Semua
level
|
5
|
Sert/
SK /SP
|
|
3.
|
Mengikuti
|
Lanjut
|
15
|
Sert/
SK /SP
|
|
Pelatihan
|
Menengah
|
10
|
Sert/
SK /SP
|
||
Kepemimpi-
|
Dasar
|
5
|
Sert/
SK /SP
|
||
nan
|
|||||
4.
|
Latihan
Kepemimpinan lainnya
|
10
|
Sert/
SK /SP
|
||
5.
|
Panitia
|
Internasional
|
15
|
Sert/
SK /SP
|
|
dalam
|
Nasional
|
12
|
Sert/
SK /SP
|
||
Suatu
|
Daerah/Regional
|
10
|
|||
Kegiatan
|
Universitas
|
9
|
Sert/
SK /SP
|
||
Kemahasis-
|
Fakultas
|
7
|
Sert/
SK /SP
|
||
waan
|
Jurusan/
|
5
|
Sert/
SK /SP
|
||
Program
|
|||||
Studi
|
|||||
6.
|
Berpartisipasi
dalam Pemira
|
Universitas
|
5
|
Presensi/
Kartu Pemilih
|
|
Fakultas
|
5
|
Presensi/
Kartu Pemilih
|
|||
Jurusan/
|
5
|
Presensi/
Kartu Pemilih
|
|||
Program
|
|||||
Studi
|
Tabel 3.
Kegiatan Bidang Penalaran dan Keilmuan
No.
|
Kegiatan
|
Tingkat
|
Partisipasi
dan Prestasi
|
Bobot skp
|
Dasar
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1.
|
Memperoleh
prestasi dalam Lomba Karya Ilmiah/Lingkungan Hidup/ Kreativitas/ Inovatif/
Pemikiran Kritis/ Populer/ Enterpreneurship/ Business Plan
|
Internasional
|
Juara
I
|
120
|
Sertifikat
|
Juara
II
|
110
|
Sertifikat
|
|||
Juara
III
|
100
|
Sertifikat
|
|||
Finalis
|
100
|
Sertifikat
|
|||
Peserta
Terpilih
|
90
|
Sertifikat
|
|||
Nasional
|
Juara
I
|
100
|
Sertifikat
|
||
Juara
II
|
90
|
Sertifikat
|
|||
Juara
III
|
80
|
Sertifikat
|
|||
Finalis
|
70
|
Sertifikat
|
|||
Peserta
Terpilih
|
50
|
Sertifikat
|
|||
Daerah/Regional
|
Juara
I
|
70
|
Sertifikat
|
||
Juara
II
|
60
|
Sertifikat
|
|||
Juara
III
|
50
|
Sertifikat
|
|||
Finalis
|
40
|
Sertifikat
|
|||
Peserta
Terpilih
|
30
|
Sertifikat
|
|||
Universitas
|
Juara
I
|
50
|
Sertifikat
|
||
Juara
II
|
45
|
Sertifikat
|
|||
Juara
III
|
40
|
Sertifikat
|
|||
Finalis
|
30
|
Sertifikat
|
|||
Peserta
Terpilih
|
20
|
Sertifikat
|
|||
Fakultas
|
Juara
I
|
30
|
Sertifikat
|
||
Juara
II
|
28
|
Sertifikat
|
|||
Juara
III
|
25
|
Sertifikat
|
|||
Finalis
|
20
|
Sertifikat
|
|||
Peserta
Terpilih
|
15
|
Sertifikat
|
|||
Jurusan/
Program
studi
|
Juara
I
|
15
|
Sertifikat
|
||
Juara
II
|
12
|
Sertifikat
|
|||
Juara
III
|
10
|
Sertifikat
|
|||
Finalis
|
8
|
Sertifikat
|
|||
Peserta
Terpilih
|
5
|
Sertifikat
|
|||
2.
|
Mengikuti
Kegiatan Lomba
|
Internasional
|
50
|
Sert/SK/SP
|
|
Nasional
|
40
|
Sert/SK/SP
|
|||
Daerah/Regional
|
30
|
Sert/SK/SP
|
|||
Universitas
|
20
|
Sert/SK/SP
|
|||
Fakultas
|
15
|
Sert/SK/SP
|
|||
Jurusan
|
7
|
Sert/SK/SP
|
|||
3.
|
Mengikuti
kegiatan/forum ilmiah (seminar,
2
|
Internasional
|
Pembicara
|
100
|
Sert/
SK /SP
|
Moderator
|
40
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Peserta
|
20
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Nasional
3
|
Pembicara
|
60
|
Sert/
SK /SP
|
||
1
|
4
|
5
|
6
|
||
Lokakarya,
workshop, pameran)
|
Moderator
|
25
|
Sert/
SK /SP
|
||
Peserta
|
15
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Daerah/Regional
|
Pembicara
|
40
|
Sert/
SK /SP
|
||
Moderator
|
15
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Peserta
|
10
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Universitas
|
Pembicara
|
30
|
Sert/
SK /SP
|
||
Moderator
|
15
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Peserta
|
8
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Fakultas
|
Pembicara
|
20
|
Sert/
SK /SP
|
||
Moderator
|
10
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Peserta
|
5
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Jurusan/Program
Studi
|
Pembicara
|
10
|
Sert/
SK /SP
|
||
Moderator
|
5
|
Sert/
SK /SP
|
|||
Peserta
|
3
|
Sert/
SK /SP
|
|||
4.
|
Menghasilkan
temuan inovasi yang dipatenkan
|
100
|
Sert/
Patent
|
||
5.
|
Menghasilkan
karya ilmiah yang dipublikasikan dalam majalah ilmiah
|
Internasional
|
Ketua
|
100
|
Foto
kopi Karya
|
Anggota
|
50
|
Foto
kopi Karya
|
|||
Nasional-
Akreditasi
|
Ketua
|
75
|
Foto
kopi Karya
|
||
Anggota
|
35
|
Foto
kopi Karya
|
|||
Tidak
terakreditasi
|
Ketua
|
15
|
Foto
kopi Karya
|
||
Anggota
|
10
|
Foto
kopi Karya
|
|||
6.
|
Menghasilkan
karya populer yg diterbitkan di surat kabar/majalah/media lainnya
|
Internasional
|
Ketua
|
40
|
Foto
kopi Karya
|
Anggota
|
20
|
Foto
kopi Karya
|
|||
Nasional
|
Ketua
|
30
|
Foto
kopi Karya
|
||
Anggota
|
15
|
Foto
kopi Karya
|
|||
Daerah/Regional
|
Ketua
|
20
|
Foto
kopi Karya
|
||
Anggota
|
10
|
Foto
kopi Karya
|
|||
Universitas
|
Ketua
|
10
|
Foto
kopi Karya
|
||
Anggota
|
5
|
Foto
kopi Karya
|
|||
7.
|
Menghasilkan
karya yang didanai oleh pemerintah atau pihak lain
|
Ketua
|
15
|
SK/SP
|
|
Anggota
|
7
|
SK/SP
|
|||
8.
|
Memberikan
pelatihan atau bimbingan dalam penyusunan karya tulis
|
15
|
Sertifikat
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
9.
|
Mengikuti
kuliah tamu/umum
|
5
|
Daftar
Hadir/Sert
|
||
10.
|
Terlibat
dalam penelitian pihak lain
|
10
|
SK/SP
|
||
11.
|
Pilmapres,
Debat Bahasa Inggris, dan ON MIPA
|
Internasional
|
Juara
I
|
100
|
Sert/SK/SP
|
Juara
II
|
90
|
Sert/SK/SP
|
|||
Juara
III
|
80
|
Sert/SK/SP
|
|||
Finalis
|
70
|
Sert/SK/SP
|
|||
Peserta
Terpilih
|
50
|
Sert/SK/SP
|
|||
Nasional
|
Juara
I
|
80
|
Sert/SK/SP
|
||
Juara
II
|
70
|
Sert/SK/SP
|
|||
Juara
III
|
60
|
Sert/SK/SP
|
|||
Finalis
|
50
|
Sert/SK/SP
|
|||
Peserta
Terpilih
|
30
|
Sert/SK/SP
|
|||
Daerah/Regional
|
Juara
I
|
60
|
Sert/SK/SP
|
||
Juara
II
|
50
|
Sert/SK/SP
|
|||
Juara
III
|
40
|
Sert/SK/SP
|
|||
Finalis
|
30
|
Sert/SK/SP
|
|||
Peserta
Terpilih
|
10
|
Sert/SK/SP
|
|||
Universitas
|
Juara
I
|
40
|
Sert/SK/SP
|
||
Juara
II
|
30
|
Sert/SK/SP
|
|||
Juara
III
|
20
|
Sert/SK/SP
|
|||
Finalis
|
10
|
Sert/SK/SP
|
|||
Peserta
Terpilih
|
10
|
Sert/SK/SP
|
|||
Fakultas
|
Juara
I
|
20
|
Sert/SK/SP
|
||
Juara
II
|
15
|
Sert/SK/SP
|
|||
Juara
III
|
10
|
Sert/SK/SP
|
|||
Peserta
|
5
|
Sert/SK/SP
|
|||
12.
|
Pelatihan/
Pembinaan Soft Skill/ Ketrampilan
|
Internasional
|
20
|
Sert/SK/SP
|
|
Nasional
|
15
|
Sert/SK/SP
|
|||
Regional
|
10
|
Sert/SK/SP
|
|||
Daerah
|
5
|
Sert/SK/SP
|
Tabel 4.
Kegiatan Bidang Minat dan Bakat
No.
|
Kegiatan
|
Tingkat
|
Partisipasi
dan /Prestasi
|
Bobot skp
|
Dasar
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1.
|
Memperoleh
prestasi dalam kegiatan minat dan bakat (olahraga, seni, dan kerohanian)
|
Internasional
|
Juara
I
|
80
|
Sert/SK/SP
|
Juara
II
|
70
|
Sert/SK/SP
|
|||
Juara
III
|
60
|
Sert/SK/SP
|
|||
Finalis
|
50
|
Sert/SK/SP
|
|||
Peserta
Terpilih
|
40
|
Sert/SK/SP
|
|||
Nasional
|
Juara
I
|
70
|
Sert/SK/SP
|
||
Juara
II
|
60
|
Sert/SK/SP
|
|||
Juara
III
|
50
|
Sert/SK/SP
|
|||
Finalis
|
30
|
Sert/SK/SP
|
|||
Peserta
Terpilih
|
20
|
Sert/SK/SP
|
|||
Daerah/Regional
|
Juara
I
|
50
|
Sert/SK/SP
|
||
Juara
II
|
40
|
Sert/SK/SP
|
|||
Juara
III
|
30
|
Sert/SK/SP
|
|||
Finalis
|
10
|
Sert/SK/SP
|
|||
Peserta
Terpilih
|
5
|
Sert/SK/SP
|
|||
Universitas
|
Juara
I
|
30
|
Sert/SK/SP
|
||
Juara
II
|
20
|
Sert/SK/SP
|
|||
Juara
III
|
10
|
Sert/SK/SP
|
|||
Finalis
|
5
|
Sert/SK/SP
|
|||
Peserta
Terpilih
|
3
|
Sert/SK/SP
|
|||
Fakultas
|
Juara
I
|
20
|
Sert/SK/SP
|
||
Juara
II
|
15
|
Sert/SK/SP
|
|||
Juara
III
|
10
|
Sert/SK/SP
|
|||
Finalis
|
5
|
Sert/SK/SP
|
|||
Peserta
Terpilih
|
3
|
Sert/SK/SP
|
|||
2.
|
Mengikuti
kegiatan minat dan bakat (olahraga, seni, dan kerohanian
|
Internasional
|
Delegasi
|
50
|
Sert/SK/SP
|
Peserta
Undangan
|
25
|
Sert/SK/SP
|
|||
Peserta
Biasa
|
10
|
Sert/SK/SP
|
|||
Nasional
|
Delegasi
|
30
|
Sert/SK/SP
|
||
Peserta
Undangan
|
15
|
Sert/SK/SP
|
|||
Peserta
Biasa
|
10
|
Sert/SK/SP
|
|||
Daearah/Regional
|
Delegasi
|
20
|
Sert/SK/SP
|
||
Peserta
Undangan
|
10
|
Sert/SK/SP
|
|||
Peserta
Biasa
|
7
|
Sert/SK/SP
|
|||
Universitas
|
Delegasi
|
15
|
Sert/SK/SP
|
||
Peserta
Undangan
|
7
|
Sert/SK/SP
|
|||
Peserta
Biasa
|
5
|
Sert/SK/SP
|
|||
Fakultas
|
Delegasi
|
10
|
Sert/SK/SP
|
||
Peserta
Undangan
|
5
|
Sert/SK/SP
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
3.
|
Menjadi
Pelatih/
Pembimbing
Kegiatan Minat dan Bakat
|
Nasional
|
80
|
Sert/SK/SP
|
|
Daerah/Regional
|
60
|
Sert/SK/SP
|
|||
Universitas
|
40
|
Sert/SK/SP
|
|||
Fakultas
|
30
|
Sert/SK/SP
|
|||
Lainnya
|
10
|
Sert/SK/SP
|
|||
4.
|
Melaksanakan
aktivitaspembinaan khusus berkaitan dengan kegiatan minat dan bakat
|
10
|
Sert/Daftar
Hadir
|
||
5.
|
Menjadi
mitra tanding pada kegiatan minat dan bakat
|
10
|
Sert/SK
|
||
6.
|
Menghasilkan
karya seni (konser, pameran seni, puisi, fotografi, teater, dll)
|
20
|
Hasil
Karya/Sert
|
||
7.
|
Mengelola
Kewirausahaan
|
Mandiri
|
10
|
SK/Sert
|
|
Kemitraan
|
10
|
SK/Sert
|
Tabel 5.
Kegiatan Bidang Kepedulian Sosial
No.
|
Kegiatan
|
Tingkat
|
Partisipasi
dan /Prestasi
|
Bobot skp
|
Dasar
Penilaian
|
1.
|
Mengikuti
pelaksanaan Bakti Sosial
|
Internasional
|
30
|
Sert/SK/SP
|
|
Nasional
|
25
|
Sert/SK/SP
|
|||
Regional
|
20
|
Sert/SK/SP
|
|||
Universitas
|
15
|
Sert/SK/SP
|
|||
Fakultas
|
10
|
Sert/SK/SP
|
|||
Jurusan/Prodi
|
5
|
Daftar
Hadir
|
|||
2.
|
Penanganan
Bencana
|
5--20
|
SK/Sert/Dok.
|
||
3.
|
Bantuan
pembimbingan rutin (LBB, Pengajian, TPA, PAUD)
|
10
|
SK/SertDok
|
||
4.
|
Kegiatan
lain individual-sosial
|
5
|
SK/Sert/Dok.
|
Tabel 6.
Kegiatan Lainnya
No.
|
Kegiatan
|
Tingkat
|
Partisipasi
dan /Prestasi
|
Bobot skp
|
Dasar
Penilaian
|
1.
|
Upacara/Apel
|
5
|
Daftar
Hadir
|
||
2.
|
Berpartisipasi
dalam kegiatan organisasi alumni
|
5
|
Sert/Daftar
Hadir
|
||
3.
|
Melakukan
kunjungan/studi banding
|
10
|
Sert/Daftar
Hadir
|
||
4.
|
Magang
kerja nonakademik
|
10
|
Sert/Surat
Keterangan
|
Keterangan
SK : Surat Keputusan/Keterangan Sert :
Sertifikat
SP : Surat Penugasan Dok : Dokumentasi (foto, video, dll.)
ADMINISTRASI
SURAT KETERANGAN PENDAMPING IJAZAH
Administrasi kegiatan
SKPIdidasarkan pada SOP yang sudah disahkan oleh Rektor, yang isinya meliputi instuksi
kerja bagi mahasiswa, instruksi kerja bagi personalia Biro Kemahasiswaan dan
Alumni, dan Sub Bagian Kemahasiswaandan Alumni Fakultas, dan instruksi kerja
bagi Dosen Wali, serta formulir-formulir sebagai dokumen pendukung pelaksanaan
kegiatan SKPI.
CONTOH TRANSKIP SKPI
0 comments